Salam SMK!—Sebagai sekolah Pusat Keunggulan, SMKS Budi Agung Medan, melaksanakan Kurikulum Merdeka secara menyeluruh baik dari tingkatan kelas X sampai dengan Kelas XII. Dalam hal ini seluruh Guru dari berbagai mata pelajaran, memperoleh pelatihan dari Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, Dra. Rivolan bertempat di Gedung COE, SMKS Budi Agung Medan (4/9). Adapun hal-hal yang menjadi pembahasan adalah mengenai topik-topik yang harus dikuasi oleh kepala sekolah dan pendidik menerapkan Kurikulum Merdeka.
Selain itu, Pelatihan ini membahas kajian secara luas tentang pengimplementasian Kurikulum Merdeka, Salah Satunya adalah Pelaksanaan Assesmen Kurikulum Merdeka. Asesmen Kurikulum Merdeka sendiri merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam suatu pembelajaran di Kurikulum Merdeka. Ada dua jenis asesmen yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka.
Dalam Penyampaian materinya, Dra. Rivolan atau yang akrab dipanggil dengan sebutan Bunda, menjelaskan .Dalam dunia pendidikan, asesmen adalah serangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan data, analisis data, hingga interpretasi data yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kinerja siswa selama proses pembelajaran. Asesmen ini tidak hanya dilakukan di akhir pembelajaran saja, tapi juga selama proses pembelajaran berlangsung. Biasanya, asesmen terhadap siswa ini dilakukan oleh masing-masing guru pengampu mata pelajaran.
Ada dua asesmen yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka, yaitu asesmen formatif dan sumatif. Pemerintah sudah mengatur pembelajaran dan asesmen dalam Kurikulum Merdeka secara lengkap dan detail. Dengan harapan, pembelajaran dan asesmen yang telah diatur ini dapat menjadi acuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang bermakna sehingga dapat menciptakan siswa yang lebih kreatif, berpikir kritis, dan inovatif.
Diakhir Pelatihan, Kepala SMKS Budi Agung Medan, Pandu Subroto, SE, S.Pd, menekankan kepada seluruh guru untuk dapat berinovasi dan menjalankan ketentuan dalam pelaksanaan kurikum merdeka, baik dalam pembelajaran dan pelaksanaan Assesmen pembelajaran. Dan mengajak seluruh guru untuk terus dapat melakukan berbagai praktik baik dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.